Kamis, 06 Agustus 2009

Kamera SLR

Kamis, 06 Agustus 2009


Kamera merupakan alat perekam gambar atau kotak kedap cahaya. Di dalamnya terdapat sebuah lensa yang mampu menerima cahaya dari sebuah objek yang kemudian direkam dengan alat pekat cahaya atau film.
Tiga hal yang paling penting untuk diperhatikan dalam setiap pemotertan, yaitu kecepatan rana, bukaan diagframa dan penemu jarak atau fokus. Kemampuan pemotret menggunakan ketiga kontrol kemera tersebut akan sangat mempengaruhi hasil dari foto. Kecepatan rana dan bukaan diagframa dapat mempengaruhi pencahayaan dan ketajaman hasil foto.

· Kecepatan Rana-Kecepatan rana adalah rentang waktu sebuah rana membuka pada saat pemotretan. Kecepatan rana tinggi –misalnya 1/500 detik- biasanya digunakan untuk membekukan gerakan cepat, misalnya peristiwa olahraga. Sedangkan rana rendah –misalnya 1/15 detik- tidak dapat membekukan gerakan. Walaupun demikian, kecepatan rana ini masih dapat digunakan untuk memotret benda bergerak menyamping dengan teknik panning.

· Diafragma-Bukaan difragma adalah lubang lensa tempat sinar masuk ke dalam kamera.Besar kecilnya dapat diatur. Besar bukaan diafragma penting untuk mengontroll pencahayaan dan ruang tajam. Bukaan difragma besar memasukan cahaya lebih banyak cahaya dan memberi ruang tajam yang sempit. Sebaliknya, bukaan difragma kecil memasukan cahaya lebih sedikit dan memberi ruang tajam yang luas. Besaran bukaan diafragma dinyatakan dalam angka f (kecil) ; di sebut juga f stop. Sebagai pedoman, angka kecil menandakan bukaan besar; angka besar menandakan bukaan kecil. Urutan angka diafragma atau f ini menggambarkan besar bukaan : f:1,4; f:2; f:2,8; f:4; f:5,6; f:8; f:11; f:16; f:22. Setiap bukaan – dari f:22 sampai f:1,4 – meneruskasn cahaya dua kali lebih banyak dari pada angka f sebelumnya. Angka-angka diafragma tersebut mempengaruhi ruang tajam atau jarak antara objek yang terdekat dengan yang terjauh.

· Ruang Tajam-Ruang tajam adalah jara terdekat dan jarak terjauh yang masih berada dalam rentang fokus.

· Fokus-Fokus adalah pertemuan berkas sinar atau cahaya melalui lensa setelah berbias atau dipantulkan. Fokus juga bisa diartikan sebagai gambaran tajam atau kejelasan suatu objek pemantulan.

1 komentar:

Tahta M.

ass..saya mau nanya Kalo kta ngambil gambar supaya Focus caranya gimana ya ?? thanks..

Posting Komentar

Tahta Machmuddillah|Create Your Badge
Tahta Machmuddillah
 
Fotografi19 ◄Design by Pocket, BlogBulk Blogger Templates